ADVERTORIAL


8 Hal Penting Dilakukan Saat UN






Ujian Nasional sudah di depan mata. Tentunya Anda sudah siap bukan? Mungkin sedikit tips mengikuti Ujian Nasional dapat membantu Anda lebih mantab menghadapinya. Berikut 8 Hal Penting Untuk Dilakukan Saat Ujian Nasional.

1. Gunakan pensil 2B yang benar.
Pensil 2B yang benar adalah yang hasilnya cukup hitam namun mudah dihapus. Jangan menggunakan jenis lain. Lakukan pengujian dahulu pada pensil Anda.

2. Periksa Kondisi Lembar Jawaban Komputer (LJK)
Lembar jawaban adalah media untuk mengisi hasil jawaban siswa. Periksalah kondisinya apakah dalam keadaan baik atau tidak. Apabila kotor, terlipat, ataupun sobek segeralah untuk meminta ganti pada panitia pengawas UN. Selain itu kondisi cetakan juga akan berpengaruh, tukarkan apabila cetakan pada LJK lebih tebal daripada hasil coretan pensil 2B Anda.

3. Bacalah petunjuk pengisian.
Meskipun sudah berulangkali mengikuti Try Out, sebaiknya baca ulang petunjuk pengerjaan. Hal ini penting, karena format komputerisasi pada LJK Try Out dan UN bisa saja berbeda. 

4. Ingat Nomor Peserta Ujian Anda
Nomor peserta sangat penting. Jangan terburu-buru mengerjakan sebelum Anda mengisi nomor Peserta dengan benar. Kesalahan pengisian nomor akan mengakibatkan kesalahan identifikasi.

5. Isi Nama peserta dengan benar untuk tiap mapel.
Usahakan untuk mengisi nama peserta sama persis antara mapel (Mata Pelajaran) satu dan lainnya. Perbedaan nama walau sedikit juga mengakibatkan kesalahan identifikasi. Sebagai contoh : Nama Anda Turimin Sastrowardoyo, maka usahakan untuk selalu sama ; TURIMIN SASTROWARDOYO untuk semua mapel. JANGAN DISINGKAT!

6. Isilah kode Paket Soal dengan benar (Tidak Perlu Diperhatikan Sekarang Sudah Memakai Barcode)
Kode Paket Soal akan menghubungkan jawaban Anda dengan kunci jawaban, maka isilah dengan benar. Kekeliruan mengisi paket soal mengakibatkan jawaban tidak cocok dengan kunci. Tidak ada yang mengiginkan jawaban diperiksa dengan kunci yang salah bukan?

7. Tebalkan kembali Hasil Jawaban sebelum mengumpulkan
LJK yang Anda isi akan diperiksa melalui komputer. semakin tebal jawaban Anda akan semakin mudah proses input data nilai dan menghindari jawaban tidak terbaca.

8. Berdoalah sebelum mengerjakan
Hal-hal yang terjadi pada proses penilaian tidak selalu dapat diperkirakan. Koreksi melibatkan ratusan ribu bahkan mungkin jutaan peserta. Sistem komputer juga bisa melakukan kesalahan. Seperti komputer Anda bila error, hardware rusak tiba-tiba, ataupun akibat virus yang menjengkelkan. Untuk itu berdoalah agar LJK Anda terhindar dari segala hal tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti UN. Semoga bermanfaat!

Penulis : Korektor soal-soal Try Out di suatu lembaga.
Kunjungi : web hasil Try Out

3 komentar:

ADVERTORIAL

 

Member Of